Surat Al Anbiya Ayat 87-88: Latin, Arab dengan Terjemahan

Surat Al-Anbiya Ayat 87-88 dalam bahasa Latin, yang terletak di dalam teks suci Al-Quran, memiliki arti yang sangat penting dalam ranah spiritualitas Islam. 

Ayat-ayat ini berfungsi sebagai mercusuar bimbingan ilahi, menerangi jalan orang-orang beriman dengan kebijaksanaan dan wawasan yang tak lekang oleh waktu.

ramadan Kareemthe holy quran instagram post template 1 1

وَذَا ٱلنُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَٰضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِى ٱلظُّلُمَٰتِ أَن لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Arab-Latin: Wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira ‘alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”.

فَٱسْتَجَبْنَا لَهُۥ وَنَجَّيْنَـٰهُ مِنَ ٱلْغَمِّ ۚ وَكَذَٰلِكَ نُـۨجِى ٱلْمُؤْمِنِينَ

Arab-Latin: Fastajabnā lahụ wa najjaināhu minal-gamm, wa każālika nunjil-mu`minīn

Artinya: Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.

Surat Al-Anbiya Ayat 87-88 dalam bahasa Latin diterjemahkan menjadi:

“Dan ingatlah Dia yang memberi kamu tempat berlindung ketika kamu dalam ketakutan. Dia melindungi kamu dari bahaya ketika kamu berdoa kepada-Nya. Dan ingatlah ketika Dia memberi kamu kekuasaan setelah ketakutan. Maka bersyukurlah, dan ketahuilah bahwa Dia adalah Dzat yang patut dipuji.”

READ  Surat Al Hujurat Ayat 10: Latin, Arab dengan Arti dan Terjemahan Lengkap

Ayat-ayat ini menekankan pentingnya bersyukur dan mengingat berkat-berkat Tuhan, terutama pada saat-saat ketakutan dan kesulitan. Ayat-ayat ini mengingatkan orang-orang percaya untuk bersyukur atas perlindungan dan penyediaan Tuhan, mengakui kedaulatan-Nya dan memuji Dia atas kebaikan-Nya.

Surat Al-Anbiya Ayat 87-88 Latin, seperti ayat-ayat lain dalam Al-Quran, memiliki manfaat besar bagi orang-orang beriman yang merenungkan ajaran-ajarannya dan menerapkannya ke dalam kehidupan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

Bimbingan dan Arahan

Ayat-ayat ini memberikan bimbingan dan arahan yang jelas bagi orang-orang yang beriman, menguraikan jalan menuju kebenaran dan ketakwaan. Dengan berpegang pada ajaran-ajaran yang terangkum dalam ayat-ayat ini, setiap orang dapat menavigasi tantangan hidup dengan kebijaksanaan dan kasih karunia.

Pencerahan Spiritual

Merenungkan kebijaksanaan yang terkandung dalam Surat Al-Anbiya Ayat 87-88 Latin dapat mengarah pada pencerahan dan pertumbuhan spiritual. Ketika orang-orang percaya merenungkan makna yang lebih dalam dari ayat-ayat ini, mereka mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan iman mereka dan pemahaman yang lebih besar tentang tujuan hidup mereka.

Penghiburan dan Pelipur Lara

Di saat-saat sulit dan tertekan, ayat-ayat ini menawarkan penghiburan dan pelipur lara bagi orang percaya. Dengan menaruh kepercayaan pada hikmah ilahi dan rahmat Allah, setiap orang dapat menemukan kedamaian dan ketenangan di tengah-tengah cobaan dan kesengsaraan hidup.

Pengampunan

Surat Al-Anbiya Ayat 87-88 dalam bahasa Latin menekankan pentingnya pertobatan dan memohon ampun kepada Allah. Dengan mengakui kesalahan mereka dan kembali ke jalan yang benar, orang-orang yang beriman dapat memperoleh penebusan dan pengampunan atas dosa-dosa mereka.

Kekuatan dan Ketahanan

Melalui ajaran ayat-ayat ini, orang-orang beriman mendapatkan kekuatan dan ketangguhan untuk menghadapi tantangan hidup dengan keberanian dan keteguhan hati. Dengan mengandalkan iman dan kepercayaan mereka kepada Allah, individu dapat mengatasi rintangan dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

READ  Surat Al Baqarah Ayat 1-100: Latin, Arab dengan Terjemahan dan Arti Lengkap

Moralitas dan Kebajikan

Surat Al-Anbiya Ayat 87-88 Latin mendorong penanaman nilai-nilai moral seperti kejujuran, kasih sayang, dan integritas. Dengan mewujudkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari, orang-orang beriman berkontribusi pada kemajuan masyarakat dan berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam semua aspek perilaku mereka.

Harapan dan Optimisme

Ayat-ayat ini menanamkan harapan dan optimisme di hati orang-orang beriman, mengingatkan mereka bahwa rahmat Allah tidak terbatas dan kebijaksanaan-Nya tidak terduga. Dengan bertawakal kepada Allah, individu dapat menghadapi masa depan dengan penuh keyakinan dan optimisme, karena mengetahui bahwa Allah selalu mengawasi mereka.

Apa arti penting dari Surat Al-Anbiya Ayat 87-88 dalam bahasa Latin?

Ayat-ayat ini berfungsi sebagai pengingat akan kebijaksanaan abadi yang dianugerahkan kepada umat manusia, membimbing kita menuju kebenaran dan keselamatan.

Bagaimana seseorang dapat memperoleh manfaat dari merenungkan ayat-ayat ini?

Refleksi pada ayat-ayat ini menuntun pada introspeksi dan pertumbuhan rohani, membantu individu untuk menghadapi tantangan hidup dengan kebijaksanaan dan kasih karunia.

Apa peran bimbingan ilahi dalam kehidupan kita?

Bimbingan ilahi menerangi jalan kita menuju kebenaran dan kesalehan, menawarkan penghiburan dan arahan pada masa-masa pencobaan dan kesengsaraan.

Bagaimana kita dapat mencapai penebusan menurut Surat Al-Anbiya Ayat 87-88 Latin?

Penebusan diperoleh melalui pertobatan dan pembaharuan, ketika kita berpaling kepada cahaya kebenaran dan mencari pengampunan dari Sang Pencipta.

Mengapa iman dianggap sebagai kemenangan dalam menghadapi kesulitan?

Iman memberdayakan orang-orang percaya untuk percaya pada rencana dan pemeliharaan Ilahi, menemukan penghiburan dalam belas kasihan yang tak terbatas dari Sang Pencipta di tengah-tengah cobaan dan kesengsaraan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *