Surat Al Luqman Ayat 13-14: Latin, Arab Dengan Terjemahan Lengkap

Dalam ayat-ayat ini, kefasihan bahasa Arab dikemas dalam huruf Latin, sehingga memberikan aksesibilitas bagi khalayak yang lebih luas. 

Surat Al Luqman, Bab 31 dari Al Quran, memberikan panduan dan wawasan yang tak lekang oleh waktu, dan versi Latin dari Ayat 13-14 berfungsi sebagai jembatan, yang memungkinkan komunitas yang lebih luas untuk menjelajahi kedalaman dan keindahan ajaran-ajaran ilahi ini.

وَإِذْ قَالَ لُقْمَٰنُ لِٱبْنِهِۦ وَهُوَ يَعِظُهُۥ يَٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّ ٱلشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Arab-Latin: wa iż qāla luqmānu libnihī wa huwa ya’iẓuhụ yā bunayya lā tusyrik billāh, innasy-syirka laẓulmun ‘aẓīm

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”.

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Arab-Latin: wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan ‘alā wahniw wa fiṣāluhụ fī ‘āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Bimbingan dalam Kesulitan

Surat Al Luqman Ayat 13-14 menawarkan bimbingan yang mendalam selama masa-masa sulit, memberikan penghiburan dan arahan ketika menghadapi kesulitan.

READ  Surat Al Maidah Ayat 3: Latin, Arab Dengan Makna

Penanaman Kedamaian Batin

Ayat-ayat ini membantu dalam memupuk kedamaian batin, meningkatkan rasa ketenangan dan keharmonisan di dalam hati dan jiwa.

Kebijaksanaan Orang Tua

Surat Al Luqman Ayat 13-14 memberikan wawasan yang berharga tentang pengasuhan yang efektif, membimbing orang tua dalam membina lingkungan yang seimbang dan mengayomi anak-anak mereka.

Jalan Menuju Rasa Syukur

Ayat-ayat ini menyoroti pentingnya rasa syukur, mendorong individu untuk menghargai berkat dalam hidup mereka, yang mengarah pada kehidupan yang lebih memuaskan.

Refleksi Spiritual

Surat Al Luqman Ayat 13-14 berfungsi sebagai sumber untuk refleksi spiritual yang mendalam, mendorong orang percaya untuk merenungkan hubungan mereka dengan Tuhan.

Keindahan Linguistik

Hargai keindahan linguistik dari ayat-ayat tersebut, rasakan kefasihan yang menambahkan lapisan kesenian ilahi pada teks suci.

Ayat 13

“Dan (ingatlah), ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah. Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.”

Ayat 14

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah tempat kembali.”

Ayat-ayat dari Surat Al Luqman ini menyoroti bimbingan yang diberikan oleh Luqman kepada putranya, menekankan larangan menyekutukan Allah dan menggarisbawahi pentingnya bersyukur kepada Allah dan orang tua.

Apa arti penting Surat Al Luqman Ayat 13-14?

Selami makna mendalam di balik ayat-ayat ini, pahami relevansinya dalam konteks ajaran Islam yang lebih luas.

Adakah ritual khusus yang terkait dengan Surat Al Luqman Ayat 13-14?

Pahami apakah ada ritual atau praktik yang direkomendasikan terkait dengan ayat-ayat ini dan dampaknya terhadap kesejahteraan spiritual.

Peristiwa sejarah apa yang menyebabkan turunnya Surat Al Luqman Ayat 13-14?

Selami latar belakang sejarahnya, dapatkan wawasan tentang peristiwa-peristiwa yang mendorong turunnya ayat-ayat yang mendalam ini.

Bagaimana Surat Al Luqman Ayat 13-14 dapat berkontribusi pada keharmonisan keluarga?

Temukan kebijaksanaan keluarga yang terangkum dalam ayat-ayat ini, yang mendorong keharmonisan dan pemahaman dalam unit keluarga.

Adakah waktu yang dianjurkan untuk membaca Surat Al Luqman Ayat 13-14?

Cari tahu apakah ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk membaca ayat-ayat ini untuk memaksimalkan dampak spiritualnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *